Berita

Kondisi Terkini KMP Bontoharu yang Sempat Hilang Kontak

Compaksulsel.com – Sulsel : KMP Bontoharu yang berlayar ke arah Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel), sempat memicu kekhawatiran usai dinyatakan hilang kontak. Namun setelah dilakukan pencarian, kapal yang memuat 298 penumpang itu ternyata tersesat sejauh 40 noutical mile atau sekitar 74,08 kilometer dari posisi seharusnya.

“Posisinya ada di sebelah timur Selayar kurang lebih 40 noutical mile (NM) dari Selayar,” kata Kepala Kantor Basarnas Sulsel, Djunaidi saat dihubungi, Jumat (2/4/2021).

Djunaidi mengatakan, KMP Bontoharu bertolak dari Pelabuhan Bira, Bulukumba sekitar pukul 09.15 Wita pagi tadi dan dijadwalkan tiba di Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Kepulauan Selayar di pukul 12.00 Wita. Namun kapal tersebut tak kunjung tiba pada waktu yang ditentukan hingga memicu kekhawatiran.

“Orang sudah khwatir. Ternyata, kita tim SAR melihat dia punya posisi elektronik, ternyata posisinya ada di bawah, ada di sebelah timur Selayar,” jelas Djunaidi.

Setelah diselidiki lebih lanjut, jelas Dujaini, KMP Bontoharu disebut telah mengalami kerusakan hingga keluar jalur dan tersesat serta hilang kontak.

“Ternyata dicari infomasi memang kapal itu tadi malam, kemarin sebetulnya dia rusak, tau-tau pagi dikasih jalan lagi. Kemungkinan dan prediksi, itu rusak mesinnya,” katanya.

Beruntung dari informasi terbaru, jelas Djunaidi, KMP Bontoharu tersebut sudah memulai kembali perjalanan menuju ke Pelabuhan Pamatata, Selayar, dengan bantuan navigasi otoritas pelabuhan. Kapal tersebut dijadwalkan tiba pada malam hari.

“Infomasi yang kami dapatkan, pada pukul 23.00 Wita kapal bisa merapat ke Pamatata,” katanya.

Djunaidi mengaku belum bisa menjelaskan terkait penyebab kerusakan. Menurutnya dibutuhkan kajian lebih lanjut saat kapal tiba di Selayar.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button