Ekonomi & Bisnis

OJK: KUR Sulsel per Maret Capai Rp 2,96 Triliun

Compaksulsel.com – Makassar : Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 6 Sulawesi Maluku Papua (Sulampua) mencatat kredit usaha rakyat (KUR) di Sulawesi Selatan hingga Maret 2021 telah mencapai Rp 2,96 triliun.

Kepala OJK 6 Sulampua Mohammad Nurdin Subandi di Makassar, Selasa, mengatakan, KUR ini terbagi dalam dua kategori yakni dari sektor produksi (Rp 1,89 triliun) dan sektor non produksi sebesar Rp 1,07 triliun.

Untuk sektor produksi didominasi pertanian, perburuan, kehutanan yang mencapai Rp 1,19 triliun. Kemudian perikanan (Rp 96 juta), industri pengolahan (Rp174,3 juta), kontruksi (Rp1,85 juta), jasa-jasa sebesar Rp 423 juta.

“Sementara dari sektor non produksi itu semuanya dari perdagangan yang jumlahnya sebanyak Rp 1,07 triliun,” katanya.

Ia menjelaskan, dana KUR ini disalurkan oleh sejumlah perbankan seperti BNI, Bank Mandiri, BRI, BTN, BCA, BRI Agroniaga, Sinarmas hingga Bank Sulselbar.

“Adapun jumlah debitur yang memanfaatkan dana KUR ini sebanyak 94.487 UMKM,” jelasnya di hadapan wartawan di Makassar.

Ia menjelaskan, OJK akan terus menjaga sektor jasa keuangan tetap stabil dan terus berupaya mendorong upaya pemulihan ekonomi dari dampak pandemi COVID-19 dan senantiasa melakukan koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak.

OJK juga terus memperkuat infrastruktur pengawasan sektor jasa keuangan dengan mengeluarkan berbagai ketentuan pengawasan sejalan dengan perkembangan teknologi informasi di industri jasa keuangan. Serta dukungan OJK terhadap pertumbuhan ekonomi nasional serta anti pencucian uang dan pembiayaan terorisme.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button