Pangkep

Punya Perencanaan dan Sistem Keuangan Baik, Kemenpan RB Ganjar Pangkep dengan Penghargaan

Compaksulsel.com – Pangkep : Kabupaten Pangkep kembali meraih prestasi membanggakan, menyusul capaian predikat B hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) tahun 2020, yang diumumkan dalam ajang SAKIP RB Award 2020 yang dihadiri Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo di Jakarta, Rabu (22/04).

 

Predikat yang diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) kepada Pangkep ini, naik satu strip dibanding tahun sebelumnya yang hanya mendapat predikat CC atau cukup.

Dengan capaian ini, Pangkep termasuk satu dari 10 daerah kabupaten/kota di Sulsel yang mendapat predikat B, sebut saja kabupaten Bantaeng dan Bone. Predikat ini juga mengalahkan Beberapa daerah yang masih meraih predikat C atau CC, seperti Barru, Enrekang, Jeneponto, dan Selayar.

 

Plt Sekda Kabupaten Pangkep, Irdas mengaku bangga dan bersyukur atas Raihan ini. Prestasi tersebut bagi Irdas, merupakan hasil dari kerja keras semua pihak untuk perbaikan birokrasi di Pangkep.

 

“Kita harap semangat ini terus berlanjut dengan target kedepannya meraih predikat AA atau A,” ucapnya.

 

Yang terpenting, lanjut mantan Plt. Bupati Pangkep tersebut mengatakan jika budaya ini harus terus dilakukan secara berkesinambungan, agar Pangkep bisa setara dengan kota/kabupaten yang mendapat predikat A.

 

“Kalau ini dicapai maka kepuasan masyarakat secara otomatis meningkat. Tapi, sangat jarang daerah kabupaten meraih prestasi A. Di Sulsel saja, tahun ini tak ada yang bisa meraih A,” ujarnya.

 

Kategori predikat SAKIP terdiri dari tujuh level dan penilaiannya disusun bersama berbagai lembaga, di antaranya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Ombudsman, Lembaga Administrasi Negara (LAN), dan berbagai kalangan akademisi.

 

Secara umum indikator penilaiannya terdapat beberapa hal, di antaranya efektivitas dan efisiensi pengguna anggaran, kualitas pembangunan budaya kinerja dan birokrasi yang berorientasi pada hasil.

 

MenPAN RB, Tjahjo Kumolo dalam sambutannya menyampaikan apresiasi pada pemerintah kabupaten/kota yang telah meraih predikat AA sampai dengan B atas kerja keras untuk memperbaiki birokrasinya masing-masing.

 

“Sesuai arahan Bapak Presiden RI untuk mencapai reformasi birokrasi, bukan hanya semata penyederhanaan birokrasi. Tapi harus berdampak pada suksesnya peningkatan kualitas sumber daya manusia, ekonomi, dan infrastruktur yang makin adaptif dan cepat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Tjahjo Kumolo.

 

SAKIP sendiri merupakan singkatan dari Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan, dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button