Berita

BHABINKAMTIBMAS BULOGADING, BERHASIL DAMAIKAN WARGANYA LEWAT ‘PROBLEM SOLVING’

Compaksulsel.com – Makassar – Bhabinkamtibmas atau yang akrab disapa ‘Pak Bhabin’ merupakan personil Kepolisian yang paling dekat dengan warga masyarakat. Merekalah yang menyampaikan pesan-pesan kamtibmas, menyampaikan program Kepolisian, termasuk menyelesaikan masalah warga binaannya yang diistilahkan dengan problem solving, serta kegiatan lainnya yang berbaur dengan masyarakat.

Saat menyambangi wilayah binaan, Bhabinkamtibmas Kelurahan Bulogading Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar, Aiptu Fajeri mendapat informasi perihal adanya kisruh di SD Bulogading, Makassar yakni telah terjadi kesalahpahaman antara guru inisial “H” dan kepala sekolah inisial “S”.

Menindaklanjuti hal tersebut Aiptu Fajeri mengajak kedua pihak yang berseteru, ke Mapolsek Ujung Pandang, Jl. ST. Hasanuddin No. 3 Makassar, mengingat jarak antara SD dan Mapolsek, cukup dekat, tentunya untuk diupayakan mediasi atau problem solving. Sabtu, (06/8/22).

Dalam menyelesaikan masalah tersebut, Aiptu Fajeri mengedepankan mediasi humanis yang akhirnya berhasil membuat kedua belah pihak saling menyadari bahwa perseteruan yang terjadi sebelumnya di area SD Bulogading murni kesalahpahaman. “Keduanya akhirnya berdamai dan saling memaafkan, yang dikuatkan dengan surat pernyataan kesepakatan damai bersama, yang disaksikan oleh perwakilan sekolah, tentunya dihadapan Pak Bhabin dan petugas SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) Polsek Ujung Pandang, yakni Bripka Syahrir Syamsu.

“Selain tugas sambang rutin, kami Bhabinkamtibmas Polri juga dituntut memiliki kemampuan untuk mendeteksi dini ganguan kamtibmas wilayah, termasuk diantaranya mampu mengatasi potensi gangguan kamtibmas antar warga melalui ‘problem solving'”, terang Aiptu Fajeri.

Sumber : Humas Polsek Ujung Pandang Polrestabes Makassar. Suwandi Salam.

Laporan : Andhis.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button