Ekonomi & Bisnis

BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sulselbartramal Selenggarakan Media Gathering

COMPAKSULAWESI.COM – MAKASSAR – Menutup akhir tahun 2017 BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Sulselbartramal menyelenggarakan Media Gathering di Goedang Popsa Makassar, Kamis (21/12).

Media Gathering ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada media yang telah turut serta mendukung Program JKN-KIS serta bertujuan untuk memberikan informasi terbaru seputar Program JKN-KIS.

Acara ini dihadiri oleh Deputi Direksi BPJS Kesehatan Kedeputian wilayah Sulselbartramal, Asisten Deputi Bidang PKMR, Kepala Bidang SDMUKP KC Makassar serta 47 Media baik cetak, onine maupun elektronik yang berada di wilayah Makassar.

Dalam kegiatan tersebut Deputi Direksi Wilayah I Made Puja Yasa memaparkan terkait progres pelaksanaan Program JKN-KIS di wilayah Provinsi Selatan, Intruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2017 serta program-program terbaru BPJS Kesehatan seperti mobile JKN, Program Menabung Sehat dan Program Angsuran Tunggakan.

I Made menyebutkan bahwa sampai dengan bulan Desember 2017 jumlah peserta JKN-KIS di provinsi Sulawesi Selatan telah mencapai 7.216.398 jiwa atau sekitar 75,3%, artinya masih terdapat 24,7% yang belum tergabung dalam program JKN-KIS.

Oleh karena itu untuk mencapai Universal Health Coverage pada 1 Januari 2019 Presiden Jokowi Mengeluarkan Inpres Nomor 8 Tahun 2017 tentang Optimalisasi Progam JKN.

Intruksi tersebut diberikan kepada Menko PMK, Menkes, Mendagri, Mensos, Menteri BUMN, Menaker, Menkominfo, Jaksa Agung, Direksi BPJS Kesehatan, Para Gubernur, Para Bupati dan Walikota untuk mengambil langkah-langkah sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing dalam rangka menjamin keberlangsungan dan peningkatan kualitas pelayanan bagi peserta JKN-KIS.

“BPJS Kesehatan sendiri dalam upaya optimalisasi Program JKN melakukan beberapa langkah strategis. Salah satunya bekerjasama dengan Bank BUMN dan Koperasi Nusantara untuk menjalankan Program Menabung Sehat dan Program Angsuran Tunggakan.

Program Menabung Sehat merupakan program menabung yang didedikasikan untuk kepentingan pembayaran iuran bulanan maupun tunggakan iuran peerta JKN-KIS yang dapat dilakukan pada Bank Mandiri, BRI dan BNI.

Sedangkan Program Angsuran Tunggakan adalah program pembayaran tunggakan iuran JKN-KIS bagi segmen peserta PBPU dengan skema mengangsur yang dapat dilakukan di Koperasi Nusantara.” Ujar Puja.

Mengakhiri acara tersebut Puja mengucapkan apresiasinya kepada rekan-rekan media “Terimakasih kepada rekan-rekan media yang telah turut aktif menginformasikan secara positif program-program BPJS Kesehatan. Kami harap partisipasi rekan-rekan dapat terus berlanjut sehingga informasi ini dapat tersampaikan pada seluruh elemen masyarakat.

Saya yakin dengan partisipasi rekan-rekan target Universal Health Coverage pada 1 Januari 2019 dapat tercapai, khususnya di wilayah Sulawesi Selatan.” Tutupnya.

 

Penulis : Didit  ||  Editor : Elis 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button