Politik

Tiga Parpol Konsisten Perjuangkan Toleransi Beragama Versi Charta Politika

COMPAKSULAWESI.COM – MAKASSAR – Melalui keterangan persnya, Lembaga survei Charta Politika merilis Survei Nasional (SURNAS) konstelasi elektoral Pilpres dan Pileg 2019 Pasca Deklarasi Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden usungan Partai Gerindra, proses pengumpulan data dari tanggal 13 – 19 april 2018, pada hari senin kemarin, 21/5/2018 di Restoran es Teler 77 Jalan Adityawarman no 61, Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Melalui metodologi wawancara tatap muka (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner terstruktur (structured interview) terhadap 2000 orang masyarakat dewasa yang terdaftar sebagai pemilih, margin of error +/- 2,19 % pada tingkat kepercayaan 95%. msing – masing sampling 10 orang di +/- 200 desa/kelurahan yang tersebar di 34 Provinsi se-Indonesia.

Berdasarkan 3 indikator penilaian masyakarat terhadap partai politik yang memperjuangkan toleransi beragama, partai politik paling dekat dengan masyarakat, partai politik konsisten dalam pemberantasan korupsi serta partai politik yang memperjuangkan pentingnya pemerataan pembangunan.

PDI Perjuangan menempati urutan teratas yakni 17,6 % untuk kategori partai politik yang memperjuangkan toleransi beragama, disusul PKB 10,3%, dan Partai Gerindra 6,1 %, demikian pula untuk kategori partai politik paling dekat dengan masyarakat, PDI Perjuangan unggul sebesar 23,4%, Partai Gerindra 9,3%, dan Partai Golkar 8,3%.

Sementara untuk kategori partai politik yang konsisten dalam pemberantasan korupsi dan penguatan institusi KPK masih ditempati PDI Perjuangan 20,2%, Partai Gerindra 8,9, dan PKB 5,5%. meski partai plat merah dihujat dalam beberapa bulan terakhir, ternyata masyarakat masih menilai dan mempercayakan PDI Perjuangan konsisten dalam memperjuangkan pemerataan pembangunan sebanyak 22,4%, disusul Partai Gerindra 8,0% terpaut 1,3% dengan Partai Golkar 7,3% dan menempati urutan ketiga.

Menariknya, rata – rata responden yang memberikan hak suara pada survei yang dirilis oleh Charta Politika tidak mempunyai kedekatan dengan partai politik manapun baik partai nasionalis maupun partai religius, sebanyak 77,9% responden mengklaim dirinya tidak punya kedekatan partai tertentu, 7,8% tidak tau, dan 14,4% responden mengklaim punya kedekatan pada partai politik.

 

Editor : Didit 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button