Berita

AGH Sanusi Baco Lc Bakal Dimakamkan di Ponpes Nahdlatul Ulum Barandasi-Maros.

Compaksulsel.com – Makassar :Manusia hanya berencana dan berusaha, kematian tetap menjadi rahasia ilahi.

Ulama kharismatik Sulsel, Anre Gurutta Haji M SAnusi Baco Lc (1937-2021), meninggal dunia di RS Primaya d/h RS Awal Bros, Jl Urip Sumiharjo, Panaikang, Makassar, Sabtu (15/5/2021) selepas isya. AGH Sanusi Baco wafat pada usia 84 tahun.

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam, Rektor UIN Alauddin Prof Dr Hamdan Juhannis, terlihat ikut membacakan Yasin di depan jenazah almarhum.

Ketua Dewan Syuro PW Nahdlatul Ulama (NU) Sulsel ini, dijadwalkan dimakamkan di Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum, Soreang, Barandasi, Kecamatan Bontoa, Maros, sekitar 35,2 km utara Kota Makassar.

“Insyallah besok sebelum lohor dibawa ke pondok Barandasi,” kata Irfan, salah seorang kerabat almarhum.

Ulama merupakan seseorang yang dikenal alim dan ahli dalam pengetahuan agama Islam.

Mereka (para ulama) juga dikenal sebagai pembina atau pembimbing umat Islam dalam sisi keagamaan bahkan dalam sisi sosial kemasyarakatan.

Kehadiran seorang ulama dirasa tepat sebagai rujukan bagi umat Islam untuk mempelajari atau bertanya seputar persoalan kehidupan, terutama yang menyangkut persoalan agama.

Dalam al-Qur’an, di mana Allah SWT. berfirman bahwa, “Dan Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka sabar. Dan adalah mereka meyakini ayat-ayat kami”. (QS. as-Sajdah [32]: 24).

Kemudian dalam sebuah hadits juga diriwayatkan bahwa Nabi telah bersabda, “Senantiasa akan ada sekelompok dari umatku yang selalu menang memperjuangkan kebenaran sampai hari kiamat.”

Akhiri-akhir ini banyak para ulama yang meninggal dunia.

Bahkan dalam bulan januari 2021 sajak 11 ulamak meninggal salah satunya adalah Ulama terkenal,kharismatik dan viral Syikh Ali Jabir

Daftar Ulama Wafat (Januari 2021-sekarang)

 

1. Habib Ja’far bin Muhammad Al Kaff Kudus (1 Januari 2021)

2. KHR.Muhaimin Asnawi – PP Al Asnawi Magelang (1 Januari 2021)

3. KHR.Abdullah Nachrowi – PP Ash-Shogiri Bogor (2 Januari 2021)

4.KHR.Muhammad Najib Abdul Qodir Munawwir – PP Al Munawir Krapyak (4 Januari 2021)

5. Drs.M.Sai, M.HI – PP Nurul Yakin Malaka (5 Januari 2021)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button