DPRD Makassar

Harapkan Adanya Peningkatan PAD, Anton P Goni Sosialisasikan Perda Parkir Tepi Jalan Umum.

Compaksulsel.com – Makassar : Legislator DPRD Kota Makassar, Anton Paul Goni menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) nomor 17 tahun 2006 tentang Pengelolaan Parkir Tepi Jalan Umum dan dalam Daerah Makassar, di Hotel Ramedo,Jl.Landak Baru,Makassar, Senin (27/9/2021).

Legislator Komisi A DPRD Kota Makassar, Anton Paul Goni saat sosialisasi perda di hotel ramedo, Jl.landal baru makassar. (Sabtu 25/9/2021)

Dalam sambutannya, legislator PDI Perjuangan Anton Paul Goni menilai sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) nomor 17 tahun 2006 tentang Pengelolaan Parkir Tepi Jalan Umum di Makassar akan memberikan kesadaran pada masyarakat terkait pengelolaan parkir. Hal ini ia kemukakan menyikapi masih banyaknya pelaku usaha yang belum sadar tentang memahami aturan perparkiran.

“Badan usaha harus memahami tentang penyelenggaraan parkir di jalan umum dan retribusi pelayanan parkir di jalan umum. Sehingga pemanfaatan parkir bisa terlaksana secara efektif,” ujarnya.

Di sisi lain, kata APG sapaan akrab Legislator yang bertugas di Komisi A DPRD Makassar ini menganggap, perda ini penting untuk dijalanlan oleh pemerintah, dalam menjalankan Perda tersebut tentu bisa berimbas pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Makassar.

 

Lebih jauh, anggota fraksi PDI Perjuangan ini juga secara eksplisit mengatakan, pengguna parkir di tepi jalan umum masih sering didapati tidak efektif. Bahkan, karyawan di suatu badan usaha atau perusahaan lebih memilih parkir di luar. Hal ini dikarenakan, harga yang relatif murah juga dinilai lebih praktis.

“Sebagai contoh kita lihat saja karyawan yang kerja di mall mall, mereka tidak parkir di dalam Mall tempat kerjanya karena dianggap mahal sehingga ia memilih memarkir kendaraannya di luar. Selain itu pengelolaan perparkiran di tepi jalan umum masih sering didapati dikuasai oleh oknum. Akibatnya pajak maupun retribusi parkir ini tidak masuk di kas daerah,” bebernya.

“Pemerintah dalam hal ini Perumda Parkir Makassar Raya, yang seyogyanya bisa memberantas hal tersebut. Sehingga pelayanan parkir lebih tercipta kemudian pendapatan daerah pun lebih meningkat,” tambahnya.

Kegiatan Sosper tersebut turut dihadiri mantan Direktur Operasional PD.Parkir Makassar Raya Nicolaus Beni dan Busman Muin sebagai narasumber.(eq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button