BeritaJokowiMakassarNasional

JAMAN tunggu Arahan Jokowi untuk Pilpres 2024

IDL : "Presiden kedepan harus memiliki Visi dan Sanggup mewujudkan kemandirian Nasional"

CompakSulsel.Com -Makassar- Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN) belum memutuskan sikap terkait calon presiden yang akan didukung pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024, meski sudah menerima ribuan aspirasi dari anggota di seluruh Indonesia bahkan di beberapa negara.

Ketua Umum JAMAN, Iwan Dwi Laksono, menyampaikan bahwa meskipun belum menentukan sikap, organ relawan pemenangan Jokowi yang dipimpinnya memiliki sejumlah kriteria yang bisa jadi patokan untuk menentukan figur yang akan didukung pada Pilpres nanti.

“Kriteria JAMAN tentunya adalah bahwa presiden ke depan harus memiliki visi dan sanggup mewujudkan kemandirian nasional, pelanjut misi yang sudah dilakukan oleh Jokowi,” ujar dia dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Sabtu (9/10/2021).

Kriteria lainnya adalah terkait usia. IDL, demikian Iwan Dwi Laksono disapa, menyampaikan kandidat capres yang akan didukung JAMAN harus dari angkatan generasi muda.

Bukan generasi yang sebelum Jokowi, harus dari generasi setelah Jokowi,” imbuhnya.

Sejauh ini generasi muda yang namanya masuk radar capres 2024 adalah Ganjar Pranowo, Puan Maharani, Muhaimin Iskandar, Agus Harimurti Yudoyono, Erick Thohir, Sandiaga Uno, Budiman Sudjatmiko, Faisol Riza, Airlangga Hartarto, Sri Mulyani Indrawati, Andika Perkasa dan A. Iwan Dwi Laksono. Meski begitu, IDL enggan memberikan kepastian siapa yang akan didukung sebelum diputuskan dalam Rapimnas nanti.

IDL menyampaikan sikap JAMAN terkait capres menjadi salah satu agenda Rapimnas atau Rapat Pimpinan Nasional yang akan dilaksanakan pada awal tahun 2022. Dalam forum Rapimnas, pihaknya akan terlebih dahulu meminta pendapat kepala daerah yang menjadi pembina dan yang berhasil menjadi kepala daerah atas dukungan JAMAN.

“JAMAN mempunyai agenda dengan jaring aspirasi dari seluruh anggota ke tingkatan struktur untuk dibawa ke dalam konsolidasi nasional yang namanya Rapimnas yang akan dilaksanakan awal tahun 2022. Yang mana dalam agenda Rapimnas akan menghadirkan kepala daerah yang menjadi pembina JAMAN dan yang berhasil menjadi kepala daerah atas dukungan JAMAN untuk diminta pendapatnya terkait agenda penuntasan pandemi Covid19 dan pemulihan ekonomi nasional dan agenda Pemilu 2024,” jelasnya.

Kemudian, tambah IDL, hasil keputusan Rapimnas terkait capres 2024 akan disampaikan kepada Presiden Jokowi selaku tokoh yang JAMAN dukung pada saat Pilgub DKI 2012 dan Pilpres 2014-2019. Selanjutnya JAMAN menunggu arahan Jokowi sebagai keputusan akhir atau final.

“JAMAN tidak akan mengajukan satu calon, supaya menjadi pilihan dari beliau (Jokowi) untuk membuat keputusan,” demikian kata Iwan Dwi Laksono.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button