Berita

Pengamanan Sidang HAM Paniai Papua di Makassar, TNI-Polri Dikerahkan, Termasuk Polsek Ujung Pandang

Compaksulsel.com – Makassar – Sidang perdana perkara pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Paniai, Papua, tahun 2014 silam, akan dilaksanakan di Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu pagi (21/9/2022) pukul 10.00 Wita.

Pihak Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengungkapkan, pengamanan khusus menjaga jalannya proses persidangan HAM Paniai sudah disiapkan.

Sidang kasus HAM di Paniai ini baru akan terselenggara setelah empat Hakim Ad Hoc Pengadilan HAM Tingkat Pertama di Makassar dilantik di PN Makassar, Sulsel.

Keempat Hakim Ad Hoc ini adalah, Siti Noor Laila, Dr. Robert Pasaribu, Anselmus Aldrin Rangga Masiku, Sofi Rahma Dewi.

“Teknis itu daripada kita. Keselamatan dia (terdakwa) kan perlu kita jaga,” ujar Kapolsek Ujung Pandang Polrestabes Makassar, Kompol Ardy Yusuf.

Pada kasus ini terdakwa adalah Mayor Infantri Purnawirawan Isak Sattu (IS) yang merupakan mantan perwira penghubung pada Komando Distrik Militer (Kodim) Paniai, terang mantan Kasat Reskrim Polres Palopo dan Bone ini.

Pengamanan di Pengadilan Negeri Makassar di Jalan R.A Kartini, personel dari Direktorat Sabhara Polda Sulsel dan tim Satuan Brigade Mobil (Sat Brimob) Polda akan dibantu tim TNI, termasuk personel Polsek Ujung Pandang.

“Jadi untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi di lapangan, Polsek Ujung Pandang berkolaborasi dengan Brimob dan Sabhara Polda akan dibantu juga dari unsur TNI mungkin tim dari POM (Polisi Militer) juga ada,” ungkap alumni Akpol 2010 ini.

Sumber : Humas Polsek Ujung Pandang Polrestabes Makassar. Suwandi Salam.

Laporan : Andhis.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button